4 Cara Meningkatkan Keharmonisan Melalui Komunikasi Fisik

Komunikasi itu ada 2 macam. Komunikasi verbal dan nonverbal. Nah, banyak pasangan mengabaikan betapa pentingnya komunikasi nonverbal. Seperti bergandengan tangan, memandang mata saat mendengarkan dsb.

Sekarang, saya akan paparkan secara detil. Apa itu komunikasi nonverbal, dalam hal ini adalah komunikasi fisik, kenapa itu penting untuk meningkatkan keharmonisan kita dengan pasangan dan apa saja contoh komunikasi fisik.

Penjelasan ini akan cukup panjang, jadi silakan siapkan teh dan gorengan sambil mendengarkan saya mendongeng untuk Anda.

Semoga informasi ini menetap di otak Anda sehingga Anda dan pasangan siap bertransformasi menjadi pasangan yang lebih harmonis.

Oh ya, bagi Anda yang ingin berkonsultasi langsung dengan saya untuk memecahkan masalah rumah tangga Anda, silakan bisa hubungi saya melalui telepon/WhatsApp di nomor 08111264401.

Anda dan pasangan mungkin punya ritual untuk mengucapkan cinta setiap hari. Bisa itu melalui chat WhatsApp maupun Anda ungkapkan secara langsung di pagi hari atau saat bercinta.

Setelah Anda membaca informasi ini sampai selesai, ceritanya akan sedikit berbeda. Anda tidak akan sekedar mengatakan I LOVE YOU, tapi Anda akan memanfaatkan metode ungkapan lain.

Yakni, melalui isyarat tangan, ekspresi wajah dan gerakan tubuh lain. Nah, itulah yang dimaksud dengan komunikasi fisik.

Jadi, Apa itu Komunikasi Nonverbal dalam Pernikahan?

Dia adalah bahasa tubuh positif maupun negatif, menjaga kontak mata dengan pasangan, ekspresi wajah dan gerakan tubuh lainnya.

Baik komunikasi verbal maupun nonverbal membantu menciptakan dan memelihara keharmonisan.

Mengapa Komunikasi Nonverbal Penting dalam Pernikahan?

Komunikasi nonverbal membantu menguatkan komunikasi verbal, menghindarkan perselingkuhan dan memperpanjang usia pernikahan Anda.

Mulai dari senyuman hangat hingga sedikit sentuhan di lengan adalah bentuk komunikasi fisik yang dapat membantu meningkatkan kedekatan Anda dan pasangan.

Seringkali kita gagal memahami apa yang dikatakan pasangan kita. Seringkali kita mengabaikan atau mendengarkan pasangan kita sambil lalu.

Tapi, kita tidak akan pernah gagal memahami makna dari sebuah sentuhan.

Bahkan sentuhan dan tatapan Anda untuk pasangan, itu bisa menyetrum dan menyadarkan alam bawah sadar pasangan Anda. Membuat dia lebih banyak mengingat Anda, daripada kata-kata yang Anda ucapkan.

Kadang kan ada ya, seseorang yang tidak mampu mengungkapkan apa yang ada di pikirannya melalui kata-kata, nah komunikasi fisik ini bisa mengungkapkan apa yang tidak bisa diungkap.

Kalau Sudah Tahu Manfaat dari Komunikasi Fisik, Lalu Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Pasangan?

Sebagai contoh, saat Anda meminta maaf, cobalah sambil tersenyum sedikit untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar menyesal.

Saat Anda melihat pasangan Anda sedang stres, pelukan atau sentuhan ringan di lengannya akan menunjukkan bahwa Anda ada untuknya meskipun dia belum ingin curhat pada Anda.

Lakukan kontak mata untuk menunjukkan pada pasangan bahwa Anda mendengarkan dan menurut Anda apa yang mereka katakan penting bagi Anda.

Nah, sekarang saya akan berikan 4 contoh detil komunikasi fisik itu seperti apa.

Yang Pertama, Ekspresikan Kasih Sayang dan Cinta Anda

Memberi tahu pasangan bahwa Anda mencintainya adalah cara yang bagus untuk menjaga pernikahan bahagia dan sehat.

Kalau biasanya sekedar bicara saja, sekarang tambahkan dengan gerakan manis dan ramah. Anda bisa memainkan kontak mata, ekspresi wajah, gerak tubuh dll.

Jika Anda tidak mampu menunjukkan perasaan Anda, ada kemungkinan pasangan  berpikir bahwa Anda tidak benar-benar mencintainya. Dan, ini awal dari masalah.

Anda bisa melakukannya dengan sederhana kok. Misalnya sewaktu nonton TV sambil menggosok bahu untuk meredakan lelahnya dan bisa Anda kembangkan sendiri.

Yang Kedua, Perhatikan Suasana Hati Masing-masing

Pernikahan yang sehat pasti memperhatikan suasana hati dan emosi satu sama lain.

Perlu Anda ketahui dalam sehari-hari kita justru lebih banyak menggunakan komunikasi fisik daripada verbal.

Dan, Anda harus memahami sinyal-sinyal ini untuk mengetahui apa yang terjadi dalam pikiran mereka.

Misalnya, jika istri Anda mencuci piring tapi suaranya berisik (glontangan begitu), mungkin itu cara istri untuk memberi tahu Anda bahwa mereka sedang kesal tentang suatu hal.

Yang Ketiga, Tangani Perselisihan secara Positif

Tidak ada pernikahan yang bebas dari perselisihan. Tapi, Anda bisa mencegah perselisihan yang meledak-ledak melalui komunikasi fisik.

Jadi, meskipun kalian sedang berkonflik hebat, Anda tetap bisa menyemibangkannya dengan cara mempertahankan postur tubuh yang positif.

Misalnya, tangannya jangan dikepalkan. Matanya jangan berputar-putar dan berapi-api, tapi tetap menatap teduh pasangan. Juga hindari memukul atau melempar barang.

Yang Keempat, Kejutkan Pasangan dari Waktu ke Waktu

Anda dapat mengejutkan pasangan dengan melakukan hal-hal kecil, seperti meninggalkan catatan manis untuk mereka baca, membuat hadiah kecil, membeli bunga, memasak makan malam, atau membantu melakukan tugas mereka.

Ada banyak cara mengungkapkan perasaan dan kasih sayang tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Jadi, cobalah komunikasi fisik yang saya sebutkan tadi. Kalau Anda tidak terbiasa karena masih kaku, tidak masalah.

Pelan-pelan dicoba dan insyallah ini akan sangat membantu mengharmoniskan rumah tangga Anda.

WhatsApp Konsultasi Via WhatsApp